Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Barokah merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang berkomitmen membentuk sumber daya manusia yang berlandaskan nilai-nilai Qur’ani, unggul dalam bahasa, ilmu pengetahuan, dan teknologi. MTs Al Barokah berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pesantren Al Barokah, sebuah yayasan yang telah lama dikenal sebagai pusat pendidikan Islam yang menanamkan akhlak mulia, wawasan keilmuan, dan pengabdian kepada masyarakat.
Berlokasi di Desa Padasan, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, madrasah ini berdiri di lingkungan yang strategis, jauh dari keramaian kota, sehingga mendukung terciptanya suasana belajar yang kondusif dan fokus. Letaknya yang sekitar 15 km dari pusat kota Bondowoso menjadikan madrasah ini mudah diakses, dengan dukungan transportasi yang memadai. Publikasi madrasah yang meluas, terutama melalui peran alumni pesantren dan madrasah, menjadikan MTs Al Barokah diminati oleh siswa dari berbagai daerah, bahkan hingga luar kabupaten dan provinsi.
Sebagai institusi pendidikan yang berpijak pada visi “Terbentuknya sumber daya manusia berbasis Qur’ani, unggul dalam bahasa, ilmu pengetahuan dan teknologi”, MTs Al Barokah menjalankan misi untuk:
1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
2. Meningkatkan kreativitas siswa dalam berkompetisi melalui daya dzikir, pikir, dan amal sholeh.
3. Mengembangkan lima budaya mutu pendidikan nasional.
Target kelulusan yang dicanangkan meliputi keunggulan di bidang keagamaan, penguasaan ilmu pengetahuan umum, kemampuan melanjutkan pendidikan ke MA/SMA terbaik, serta keterampilan mengembangkan potensi diri sesuai minat dan profesi masa depan siswa.
Dalam pelaksanaan pendidikan, MTs Al Barokah menerapkan pembagian program kelas menjadi dua jalur, yaitu Program Unggulan (Tarbiyatul Khassah) dan Program Reguler.
Program Unggulan (Tarbiyatul Khassah) dirancang untuk memberikan pengembangan pembelajaran tambahan, meliputi pendalaman kitab kuning, penguasaan bahasa Inggris, dan program tahfidz Al-Qur’an.
Program Reguler tetap berfokus pada kurikulum nasional, dengan penekanan pada pembinaan akhlak dan peningkatan kompetensi akademik sesuai standar pendidikan madrasah.
Sebagai bagian dari pesantren, MTs Al Barokah menanamkan nilai-nilai kepesantrenan kepada para siswa, yang meliputi:
- Kedisiplinan dalam ibadah dan waktu belajar.dab dan sopan santun kepada guru, orang tua, dan sesama.
- Kemandirian dalam kehidupan sehari-hari.
- Semangat ukhuwah islamiyah dan gotong royong.
- Keteladanan akhlak dalam bersikap dan bertutur kata.
Lingkungan sosial ekonomi masyarakat sekitar madrasah didominasi oleh sektor pertanian. Sebanyak 77% lebih penduduk Kecamatan Pujer bekerja sebagai petani dan pedagang, dengan sebagian lainnya berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (5%) dan wiraswasta (18%). Kondisi serupa tercermin pada latar belakang orang tua siswa, yang terdiri dari PNS (1,13%), wiraswasta (14,12%), petani (22,60%), dan buruh tani (62,15%). Meskipun demikian, semangat masyarakat untuk memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anaknya menjadi modal penting bagi perkembangan madrasah.
Dengan dukungan lingkungan yang aman dan tenang, tenaga pendidik yang kompeten, pembagian program pembelajaran yang terstruktur, serta komitmen dalam mengembangkan potensi akademik dan non-akademik siswa, MTs Al Barokah terus berupaya menjadi madrasah unggulan. Berlandaskan nilai-nilai Qur’ani, tradisi pesantren, dan semangat inovasi, madrasah ini bercita-cita melahirkan generasi muslim yang beriman, berilmu, berakhlak mulia, dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat, bangsa, dan agama.


